Mata kuliah ini merupakan mata kuliah konsentrasi manajemen pemasaran dimana mata kuliah ini berusaha menjelaskan peran perbankan, kegiatan usaha bank baik domestik maupun internasional, pengelolaan bank - dari aspek finansial, operasional, dan sumber daya manusia -, perancangan strategi bank terkait risiko-risiko yang dihadapi demi pencapaian imbal hasil optimal, serta konfigurasi perbankan nasional dan internasional.

Setelah mengikuti Mata Kuliah Manajemen Perbankan, mahasiswa diharapkan memahami fungsi  bank, metode dasar pengelolaan  bank dengan meminimalkan resiko serta memaksimalkan imbal hasil, serta perkembangan dan peran perbankan. Mahasiswa dapat menganalisa praktek dan kondisi umum perbankan nasional pada umumnya dan bank tertentu khususnya, dikaitkan dengan kondisi perekenomian dan kecenderungan pasar. Mahasiswa mampu menyusun pola pengelolaan risiko yang harus dilakukan bank untuk tetap dapat bersaing sekaligus memaksimalkan imbalan hasil.