Pengantar Hukum Indonesia merupakan sebagai mata kuliah dasar untuk mempelajari seluruh ilmu-ilmu Hukum yang berada di Indonesia yang meliputi Hukum Perdata, Hukum Pidana HUkum Acara Perdata, Hukum Acara Pidana, Hukum Perkawinan , Hukum Waris, Hukum Tata Negara Hukum Administrasi Negara, Hukum Perburuhan dan masih  banyak lagi yang lainya.

Secara garis besar sejarah hukum agraria di Indonesia dapat dibagi menjadi dua masa, yaitu masa penjajahan Belanda dan masa sesudah kemerdekaan. Ketentuan-ketentuan di bidang agraria pada masa penjajahan Belanda sangat tidak menguntungkan bagi bangsa Indonesia. Hal ini karena ketentuan-ketentuan tersebut bersifat diskriminatif dan menindas bangsa Indonesia, terlebih dengan adanya politik tanam paksa di bidang pertanian.

Substansi Mata Kuliah Hak Kekayaan Intelektual ini mencakup aspek-aspek hukum dari Hak Kekayaan Intelektual dibidang: Hak Industri (Industrial Rights) dan Hak Cipta (Copy Rights), filosofi dan konsep perlindungan, teori-teori, serta rasionalitas perlindungan berkaitan dengan hak ekonomi dan hak moral atas karya-karya intelektual, prosedur untuk memperoleh perlindungan hukum, jangka waktu perlindungan serta sanksi hukum atas pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (Hak Cipta,Merek, Paten, Desain Industri, Rahasia Dagang,Desaian Tata Letak Sirkuit Terpadu, dan Varietas Tanaman). Perlindungan hukum atas karya-karya intelektual berlandaskan pada hukum positif yang berlaku di Indonesia yaitu tertuang dalam ketentuan hukum nasional serta perlindungan secara internasional yang tertuang dalam berbagai Treaty dan International Convention dibidang Hak Kekayaan Intelektual (HKI), atau yang sekarang istilahnya digunakan Kekayaan Intelektual (KI). Sehubungan dengan hal tersebut maka substansi perkuliahan Mata Kuliah HKI (dalam konteks ini masih digunakan istilah HKI karena nama Mata Kuliahnya adalah HKI) selain mencakup teori, konsep dan pembahasan kasus hukum dalam dimensi nasional di Indonesia, juga yang berdimensi internasional. Dalam pendalaman materi mahasiswa diwajibkan untuk membuat paper/tugas-tugas dengan menganalisis kasus ( Keputusan MA , Pengadilan Niaga) tentang berbagai kasus HKI serta dalam pembahasannya menggunakan teori-teori HKI untuk menganalisnya dan menjelaskan mengapa HKI penting mendapat perlindungan hukum.